BUMDes Semare, Eksotisnya Cafe Laut Ditengah Pandemi Covid-19

Pasang Iklan Anda disini Hubungi Brama News

Pasuruan, Kraton. www.bramanews.com – BUMDes Semare dengan unit usaha Cafe Laut Semare ini berada di pesisir utara kecamatan Kraton kabupaten Pasuruan. Cafe Laut Semare merupakan salah satu unit usaha di BUMDes Semare Mandiri Sejahtera yang menjadi tonggak perekonomian BUMDes maupun warga sekitar.

Memiliki karyawan 24 orang yang merupakan pemuda warga asli Semare, Cafe Laut Semare harus tetap kokoh dan tangguh ditengah pandemi. Duka mendalam setelah kehilangan nahkoda serta inspirator Cafe Laut Semare yaitu almarhum kepala desa Semare H. Yazid di bulan Februari 2020 membuat Cafe Laut Semare sempat kehilangan arah. Baru beridiri kembali untuk memulai, pandemi Covid-19 membuat Cafe Laut Semare harus tutup sesuai aturan pemerintah.

Images : dokumentasi cafe laut semare

Cafe Laut Semare ini baru diresmikan akhir 2019 dengan memiliki 8 karyawan. Dengan membludaknya pengunjung ketika itu membuat Cafe Laut Semare harus menambah karyawan, yang hingga saat ini memiliki 24 karyawan. Mulai dari penjagaan parkir, tiket spot foto dan karyawan cafe. Belum lagi dalam Cafe Laut Semare juga ada lapak yang diisi oleh warga yang memang dirasa layak memperoleh tambahan penghasilan dan warga sekitar yang dekat dengan Cafe Laut Semare juga membuka usaha.

Images : Brama News

“Ditengah pandemi, Cafe Laut Semare harus tangguh. Sebab ada karyawan dan ekonomi warga yang tetap harus diberdayakan,” ungkap Sammy selaku ketua BUMDes Semare. (31/01)

Dikonfirmasi disaat yang sama, ketua unit Cafe Laut Semare Noval juga menyampaikan bahwa, “Cafe buka kembali setelah ada aturan sarana pariwisata dan publik boleh buka dengan menerapkan protokol kesehatan.”

Images : dokumentasi cafe laut semare

Dan ketika kami tanyakan mengenai omset, memang menurun dibanding kondisi normal. “Omset menurun, tapi masih bisa memenuhi hak karyawan secara penuh dan itu sudah cukup membanggakan, sebab untuk karyawan saja kami membutuhkan kurang lebih 24 juta rupiah setiap bulannya sebagai gaji,” pungkas ketua BUMDesa Semare sembari menikmati matahari tenggelam di Cafe Laut Semare yang begitu indah. (yn)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.