Pulokerto : Gelar Petik Laut & Tasyakuran Desa

Pasang Iklan Anda disini Hubungi Brama News

Kraton – Desa Pulokerto Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan Gelar Petik Laut dan Tasyakuran Desa, Minggu 20/8/2017. Petik Laut dan Tasyakuran Desa merupakan agenda dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI ke-72 melalui Selamatan Desa yang dilaksanakan di tengah laut dengan iring-iringan perahu.

Acara tersebut kemudian menjadi agenda tahunan dari desa Pulokerto, dengan dibiayai melalui swadaya masyarakat dan APBDesa Pulokerto. Adapun rangkaianĀ  kegiatan petik laut diawali dengan acara pembacaan manaqib yang dilakukan sebelum pelaksanaan petik laut, yaitu pada Sabtu malam (19/8/2017).

Kepala Desa Pulokerto dan Jajaran Panitia Petik Laut

Keesokan harinya, Minggu (20/8/2017) gelaran Petik Laut dimulai dari sungai pintu keluar menuju ke laut yang menurut masyarakat setempat di sebut “Congapan”. Kepala Desa Pulokerto, Ainul Yakin mengatakan bahwa agenda Petik Laut Desa Pulokerto juga dimeriahkan dengan kegiatan lomba balap perahu dan lomba hias perahu.

Pemimpin Ritual dan Doa (H. Mawardi) Tokoh Agama Desa Pulokerto

“Saya berharap tradisi Petik Laut ini dapat terus dilestarikan, bahkan sekiranya bisa terangkat ke dunia luar yang bisa menjadi prospek pariwisata tahunan, sehingga bisa berdampak ke masyarakat dan mengangkat perekonomian masyarakat Desa Pulokerto”, imbuh Kades Pulokerto.

Nanang Rohman, Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Kraton yang salah satunya mendampingi Desa Pulokerto menambahkan bahwa Petik Laut ini sangat penting, karena dampaknya atau barokahnya nyata sekali bagi masyarakat Desa Pulokerto, khususnya Nelayan dan Petani Tambak.

“Biasanya setelah acara selamatan ataupun petik laut seperti ini, penghasilan nelayan dan petambak melimpah”, lanjut Nanang yang juga Sekretaris Kelompok Petani Tambak Pulokerto.

 

Liputan & Kontributor : Muchammad Rochim

Redaktur : Septaria Yusnaeni

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.