Desa Sidogiri Adakan Pelatihan Tata Boga

Pasang Iklan Anda disini Hubungi Brama News

Kraton – Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Sidogiri Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan, Rabu 10/5 bertempat di Balai Desa Sidogiri mendapat pelatihan keterampilan Tata Boga dari BLK Pandaan bekerjasama dengan Desa Sidogiri.

Pelatihan yang diselenggarakan selama duapuluh hari ini dimulai dari tanggal 2 Mei 2017. Dengan berbagai macam materi yang diberikan kepada peserta pelatihan, 2 hari pertama diberikan semua teori dan praktik yang dimulai pada hari ketiga berisi berbagai macam pembuatan makanan dan minuman yang berasa dari bahan toga maupun makanan.

Seperti hari ini (10/5) merupakan pengembangan dari teori pembuatan susu kedelai dengan aneka macam rasa yang dikemas secara menarik, maka seluruh peserta praktik membuat susu kedelai dengan aneka macam rasa lalu dikemas semenarik mungkin. Tujuanya untuk meningkatkan kapasitas bagi warga masyarakat terutama ibu-ibu agar dapat memiliki keterampilan sesuai materi yang disampaikan.

Dengan memiliki keterampilan yang dimaksud, maka diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, terutama ibu-ibu sehingga pemberdayaan semacam ini sangat perlu diberikan bagi kaum ibu-ibu.

Pengetahuan bidang tata boga yang dimiliki masyarakat dapat membangun kerjasama antara sesama peserta maupun pelaku UMKM kedepannya, sehingga dari peserta dapat menumbuhkan UMKM baru yang lebih produktif dan inovatif. Hasil produknya mempunyai daya saing dan nilai tambah dimana hasil produk UMKM tersebut paling tidak dapat dipasarkan di lingkungan masyarakat.

Kepala Desa Sidogiri Kodrad Abadikun menjelaskan, “Saya berharap dengan penuh harapan kepada peserta, agar jangan menyia-nyiakan kesempatan belajar tata boga ini. Belajarlah dengan tekun dan serius sehingga dapat dikembangkan di rumah tangga sebagai penghasilan tambahan. Setelah bisa, maka keterampilan ini perlu ditingkatkan dengan fasilitasi dari desa, kendala pemasaran pun nanti kita pikir bersama,” jelasnya. (yn)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.