Waspada Tanpa Panik

Pasang Iklan Anda disini Hubungi Brama News

Penulis : Maulana S.
Redaktur : S. Yusnaeni

Kalau aku mau sudah ku borong semua barang di swalayan maupun gerai ritel, tapi tidak aku lakukan yang alasannya karena saya tidak egois dan kasihan pada yang lain serta itu tidak baik. Alasan berikutnya adalah saya tidak punya cukup uang untuk memborong sembako di gerai ritel.

Corona Virus Disease 2019 yang kemudian disebit Covid 19 ini sebuah peristiwa siklus 100 tahunan. Mengutip knowledgetime, virus corona merupakan wabah pandemik mematikan terbesar keempat sejak pertama kali muncul tahun 1720 silam. Virus pandemik dalam sejarah manusia datang setiap 100 tahun sekali, uniknya dengan dua angka pada tahun terakhirnya 20. Diawali pada tahun 1720, tahun 1820, 1920, kemudian sekarang tahun 2020.

1. Wabah Marseille (1720)
Wabah Besar Marseille merupakan salah satu wabah bubonik terakhir yang signifikan di Eropa. Wabah ini datang ke Marseille, Perancis pada tahun 1720 dan membunuh 100.000 orang di dalam kota dan sekitarnya.

2. Wabah Kolera (1820)
Pandemi atau wabah ini dikenal juga dengan pandemi kolera Asiatik atau kolera Asiatik pertama. Awal mula kemunculannya dimulai dekat kota Calcutta lalu kemudian menyebar ke seluruh Asia Tenggara, Timur Tengah, Afrika Timur, hingga pantai Mediterania. Ratusan ribu orang tewas akibat pandemi ini termasuk banyak tentara Inggris yang kemudian menarik perhatian Eropa. Pandemi ini menyebar hampir di seluruh negara-negara Asia termasuk Indonesia. Pada tahun 1820 tercatat lebih dari 100.000 kematian di Asia disebabkan oleh bakteri ini.
Total kematian akibat pandemi ini di seluruh dunia masih belum dapat dipastikan dengan jelas. Namun beberapa ahli memperkirakan bahwa di Bangkok, Thailand kemungkinan terjadi 30.000 kematian akibat penyakit ini. Sementara itu di Semarang, ada sebanyak 1.225 orang meninggal dunia dalam 11 hari pada bulan April 1821.

3. Flu Spanyol (1920)
Flu Sapanyol adalah virus flu H1N1 yang telah mengalami mutasi genetik sehingga jauh lebih berbahaya daripada virus normal. Flu Spanyol menginfeksi lebih dari 500 juta orang di seluruh dunia, termasuk orang-orang di kepulauan Pasifik yang terpencil hingga sampai Kutub Utara, menjadikannya sebagai salah satu wabah yang paling mematikan dalam sejarah.

4. Virus Corona (2020)
Virus ini pertama kali diidentifikasi di Wuhan, ibu kota provinsi Hubei China. Virus ini telah menunjukkan bukti penularan dari manusia ke manusia dengan tingkat penularannya yang meningkat pada pertengahan Januari 2020. Meskipun ada upaya dari pemerintah China dan lembaga lain untuk mengkarantina seluruh kota, tampaknya virus tersebut telah berhasil menyebar ke luar perbatasan Cina dengan sejumlah penduduk negara lain mulai dari Eropa hingga Amerika didapati orang-orang yang suspect virus ini.
Kematian pertama yang dikonfirmasi disebabkan dari infeksi virus corona terjadi pada tanggal 9 Januari 2020 yang kemudian sejak itu sudah ada 214 kematian telah dikonfirmasi dan masih terus bertambah.

Mari patuhi protokol pemerintah seraya berdoa dan meminta pada Tuhan.
Kita pasti bisa melalui ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.